Fiforlif Herbal

Tips dan cara menjaga kesehatan emosional

In Info & Tips Kesehatan 1421 views
obat ejakulasi dini

Solusikesehatan.net – Sebagai manusia yang merupakan makhluk sosial adalah hal yang wajar bila sesekali kita merasakan emosi negatif yang berkaitan dengan hubungan dengan orang lain di sekitar kita. Emosi negatif tersebut bisa dipicu karena memang terjadi perselisihan tetapi bisa juga karena rasa iri, cemburu, atau marah yang tak dapat dilampiaskan secara langsung kepada yang bersangkutan. Bila dibiarkan terus-menerus emosi negatif ini bisa menggerus energi dan semangat kita dan yang paling buruk adalah dapat menggempur kesehatan fisik kita sehingga memicu beragam penyakit. Berikut ini adalah cara menjaga kesehatan emosi untuk memperoleh kesehatan prima baik secara fisik maupun mental.

cara menjaga kesehatan emosi, menjaga emosi tetap sehat, menghindari emosi negatif

Tips dan cara menjaga kesehatan emosional

  • Mengganti bahasa tubuh kita

Tahukah Anda bahwa gestur atau bahasa tubuh Anda juga bisa membawa dampak bagi kesehatan emosi Anda? Sikap tubuh lesu, membungkuk, defensif atau mengerutkan kening ternyata dapat memicu pikiran negatif di kepala kita seperti pesimis, kurang percaya diri, dan malas. Oleh karena itu sangat penting untuk memperbaiki bahasa tubuh untuk menjaga emosi tetap sehat dengan cara duduk tegak, berjalan dengan bahu membusung, dan lebih banyak tersenyum.

  • Mencurahkan isi hati

Manusia tak dirancang untuk menyendiri dan menurut riset ilmiah orang yang memiliki banyak teman dan sering berinteraksi dengan orang lain akan lebih sehat dan panjang umur. Oleh karena itu jangan simpan masalah Anda sendiri apalagi bila hal itu merupakan masalah berat. Menceritakan masalah Anda kepada orang yang Anda percaya akan meringankan beban Anda dan mungkin kawan Anda tersebut memiliki solusi yang dapat membantu memecahkan masalah Anda.

  • Merenung

Mungkin Anda pernah merasa bahwa pikiran Anda penuh sekali dengan berbagai masalah, tugas kantor, tagihan kredit, dan lain sebagainya. Untuk itu sangat penting untuk “melarikan diri” dari semua itu sejenak. Caranya, adalah menenangkan diri selama beberapa menit dan mencoba mengosongkan pikiran Anda. Meditasi adalah metode yang tepat untuk menghindari emosi negatif dan menyegarkan kembali pikiran Anda sehingga siap diisi dengan pikiran-pikiran optimis dan positif.

  • Mengembangkan kreatifitas

Saat perasaan tertekan atau emosi negatif muncul tanpa bisa dikendalikan carilah cara yang kreatif untuk melampiaskannya. Penyaluran tersebut bisa dilakukan dengan merealisasikan pikiran-pikiran kreatif Anda misalnya dengan menulis, menggambar, berolahraga, atau yang lainnya. Kegiatan ini dapat menjadi pembebasan yang meningkatkan mood Anda kembali. Para seniman selalu menempatkan emosi mereka menjadi suatu karya seni dan Anda dapat meniru mereka sehingga hidup Anda menjadi lebih produktif.

  • Bersyukur

Saat rasa tertekan, sedih, marah, atau apa pun yang mengganggu ketenangan batin Anda mulai membuncah tak terbendung, langkah paling ampuh yang bisa Anda lakukan adalah bersyukur. Caranya, buatlah daftar tentang semua hal yang seharusnya Anda syukuri, misalnya Anda memiliki fisik yang sempurna tanpa cacat, Anda sehat, keluarga Anda utuh dan bahagia, orang tua Anda berada di samping Anda, Anda punya pekerjaan, Anda punya atap tempat bernaung, dan seterusnya. Berfokuslah pada hal yang baik dan usirlah emosi negatif dari kepala Anda.

Bila semua cara menjaga kesehatan emosi di atas tak juga berhasil mengusir kegundahan hati Anda, maka yang bisa Anda lakukan adalah menerimanya. Biarkan semuanya mengalir dan rasakan perasaan sakit tersebut. Marah atau menangislah sesuka Anda tetapi buatlah batas waktu, misalnya satu, dua, atau tiga hari dan berjanjilah kepada diri sendiri setelah itu Anda akan merasa baik kembali. Terakhir, berjalan-jalanlah keluar, hirup udara segar, dan nikmati sinar matahari serta berdoalah agar Tuhan membantu membuat hati Anda tentram kembali.

(Visited 1,663 times, 1 visits today)

Tags: #info kesehatan #kesehatan #tips kesehatan

Must read×

Top
error: Content is protected !!