Fiforlif Herbal

Pengobatan Medis Untuk Memusnahkan Sel Kanker

In Info & Tips Kesehatan 385 views
obat ejakulasi dini

Sudah banyak yang mengetahui bahwa kanker adalah salah satu penyakit yang paling banyak mematikan manusia di permukaan bumi ini. Meskipun demikian terdiagnosis kanker bukan berarti vonis mati bagi yang bersangkutan. Pengobatan dan penyembuhan penyakit ini sangat tergantung pada jenis kanker, usia pasien, stadium kanker yang meliputi tingkat penyebarannya, status kesehatan, serta karakteristik lainnya. Dalam dunia medis tak ada pengobatan tunggal bagi penyakit ini. Untuk menambah wawasan Anda, inilah beberapa pengobatan medis untuk membasmi sel-sel kanker pada tubuh penderita.

kanker, pengobatan kanker, terapi penyembuhan kanker, menyembuhkan kanker secara kedokteran

Pemusnahan sel kanker dengan pengobatan medis

Dalam menjalani terapi pengobatan kanker, penderita sering memperoleh pengobatan paliatif serta kombinasi.

  1. Pembedahan

Inilah salah satu metode tertua untuk menyembuhkan kanker yang bertujuan untuk mencegah sel kanker menginfeksi organ tubuh yang lain. Tetapi metode ini tak memungkinkan bila telah terjadi metastasis atau kanker telah menyebar terlalu luas. Pembedahan juga berguna untuk membantu mengendalikan gejala seperti kompresi sumsum tulang belakang atau obstruksi usus. Saat ini bahkan telah ditemukan pisau bedah yang khusus digunakan untuk melakukan operasi penyakit kanker ini.

  1. Radioterapi

Inilah metode terapi kanker dengan mengarahkan sinar gamma-ray berenergi tinggi pada sel-sel kanker. Penyinaran ini berakibat rusaknya molekur pembentuk sel-sel kanker sehingga lambat laun akan mati. Sayangnya, jenis terapi ini menimbulkan efek samping karena berpotensi turut merusak sel-sel sehat serta jaringan normal di sekitar kanker. Pengobatan ini juga pada umumnya menjadi bagian dari terapi penyembuhan kanker kombinasi.

  1. Kemoterapi

Metode kemoterapi bertujuan untuk mematikan sel kanker dengan cara mengganggu proses pembelahan sel dan merusak DNA sel tersebut. Metode tersebut lebih banyak diaplikasikan untuk sel-sel kanker yang telah menyebar ke berbagai organ tubuh, serta pengobatan untuk penyakit kanker darah dan limfoma. Efek samping yang sering terjadi adalah kerontokan rambut, mual, muntah, dan penderita merasa kelelahan.

  1. Imunoterapi

Sesuai dengan namanya, terapi ini dimaksudkan untuk memperoleh sistem kekebalan tubuh demi melawan kanker atau tumor. Teknis pengobatan dengan metode ini adalah menyuntikkan agen seperti interferon alfa protein yang berkhasiat untuk melemahkan tumor dan kanker. Dengan demikian kekebalan tubuh sendirilah yang akan melawan sel-sel kanker pada organ tertentu. Yang termasuk dalam metode imunoterapi adalah transplantasi sumsum tulang karena sel-sel kekebalan yang diperoleh dari donor akan menyerang dan mematikan sel kanker atau tumor dalam diri penderita.

  1. Gen

Jenis terapi yang terakhir ini sesungguhnya masih dalam riset dan pengembangan lebih lanjut. Terapi gen bertujuan untuk menggantikan gen yang rusak akibat kanker. Hingga saat ini masih belum terdapat referensi jelas tentang terapi tersebut.

Demikianlah beberapa metode dalam menyembuhkan kanker secara kedokteran. Semoga artikel kesehatan ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini!

(Visited 125 times, 1 visits today)

Tags: #artikel kesehatan #info kesehatan #kanker #pengobatan kanker #penyembuhan kanker

Must read×

Top
error: Content is protected !!