Fiforlif Herbal

Kesehatan Reproduksi Pria dan Pengaruh Gaya Hidup

In KESEHATAN PRIA 2359 views
obat ejakulasi dini

Solusikesehatan.net – Bagi pria, kesehatan organ reproduksi sangat menentukan kelangsungan hidup rumah tangga mereka. Bayangkan apa yang terjadi ketika organ reproduksi mengalami masalah yang berakibat tidak bisa mendapatkan keturunan. Keharmonisan rumah tangga tidak hanya terganggu, namun juga terancam di ambang kehancuran. Kesehatan reproduksi pria tidak hanya dipengaruhi oleh makanan. Namun sebenarnya, gaya hidup berperan lebih besar.

Kesehatan reproduksi pria, Kesuburan pria, Kesehatan organ reproduksi pria, Menjaga kesehatan reproduksi pria

Ada kalanya, kebiasaan yang menurut kita tidak berakibat apa-apa ternyata dapat menurunkan tingkat kesuburan pria, mengurangi produksi sperma, atau bahkan mengganggu syaraf-syaraf di sekitar organ reproduksi. Gaya hidup modern yang identik dengan penggunaan alat-alat berteknologi tinggi juga dapat memberikan efek buruk terhadap kesehatan organ reproduksi pria.

Gaya Hidup Yang Mempengaruhi Kesehatan Reproduksi Pria

Berikut adalah beberapa gaya hidup yang dapat mempengaruhi kesehatan dan vitalitas pria. Sebagian di antaranya bisa diperbaiki dengan mengubah gaya hidup, yakni meninggalkan kebiasaan buruk tersebut.

  • Frekuensi elektromagnetik (EMF) pada ponsel atau laptop. Saat ini, siapa sih yang tidak memiliki ponsel atau laptop. Namun, anda para pria disarankan untuk tidak menyimpan ponsel di kantong celana dan tidak meletakkan laptop di pangkuan. Pasalnya, penelitian menemukan kalau EMF dapat menurunkan jumlah sperma akibat efek panas terhadap testikel.
  • Gelombang elektromagnetik frekuensi radio (RF-EMW). Sekali lagi, pria sebaiknya menghilangkan kebiasaan menyimpan smartphone di kantong, dan meletakkan laptop yang sedang menggunakan koneksi Wi-Fi di pangkuan. Pasalnya, EF-EMW pada jaringan Wi-Fi ternyata dapat menurunkan kecepatan sperma serta memicu pembelahan DNA sperma.

Merokok dan minum alkohol. Pada dasarnya, efek buruk dari dua kebiasaan ini terhadap kesuburan pria sudah lama diketahui. Alkohol dan rokok dapat merusak kualitas maupun kuantitas sperma. Namun, berita baiknya adalah bahwa kerusakan yang diakibatkan dua kebiasaan ini dapat diperbaiki dengan cara menghentikannya.

  • Mandi di bathtub panas dan sauna. Apakah anda kerap melakukan dua kebiasaan ini? Ternyata, panas yang dipancarkan dari sauna atau bathtub dapat merusak sperma. Namun, jika anda memang ingin melakukannya, sebaiknya hindari paparan panas yang berlebihan ke area organ reproduksi anda.
  • Celana dalam ketat. Pria sebaiknya menghindari celana dalam ketat, karena hal ini dapat membuat testikel tidak bisa mengatur suhunya. Untuk menjaga kesehatan reproduksi pria, sebaiknya ganti celana dalam anda dengan celana boxer, atau pilih celana dalam yang tidak terlalu ngepas
  • Pengaruh stress terhadap kesuburan pria sudah lama diketahui, karena stress dapat menimbulkan ketidak seimbangan hormon dan pada akhirnya mempengaruhi produksi sperma.

Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria

Nah, lalu, bagaimana cara anda menjaga kesehatan reproduksi? Pada dasarnya, mengurangi atau meninggalkan kebiasaan di atas adalah kuncinya. Jika ingin mendapatkan keturunan dengan cepat dan mempertahankan kebahagiaan rumah tangga, sebaiknya mulailah memperbaiki pola hidup anda dengan melakukan hal-hal berikut:

  • Pelajari diet yang tepat untuk meningkatkan kesuburan, karena ada makanan atau buah-buahan tertentu yang secara ilmiah dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma
  • Olah raga secara teratur, minimal 5 kali sehari selama 30 menit setiap harinya untuk meningkatkan metabolisme dan memperlancar peredaran darah
  • Hindari alkohol, minuman berkafein, rokok, maupun konsumsi gula secara berlebihan
  • Trapkan rencana managemen stress yang tepat. Lakukan konsultasi dengan dokter bila perlu.

Dengan cara menjaga kesehatan reproduksi pria di atas, anda bisa meminimalisir resiko infertilitas yang akan berakibat sangat buruk bagi anda dan keluarga. Selalulah terapkan pola hidup sehat dan berfikir positif.

(Visited 2,849 times, 1 visits today)

Tags: #kesehatan pria #kesehatan reproduksi #reproduksi pria

Must read×

Top
error: Content is protected !!