Fiforlif Herbal

Kenali Penyebab Obesitas pada Anak

In KESEHATAN ANAK 1170 views
obat ejakulasi dini
Obesitas atau kegemukan kini juga menyerang anak-anak. jenis makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak sebagian besar adalah makanan-makanan pemicu obesitas.

Yuk Kenali Penyebab Obesitas pada Anak

Kenali penyebab obesitas pada anakObesitas atau kegemukan kini juga menyerang anak-anak. Apalagi pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak sebagian besar adalah makanan-makanan pemicu obesitas. Obesitas pada anak terjadi karena adanya penumpukan lemak secara berlebih akibat asupan kalori yang berlebihan. Seperti halnya dengan obesitas pada orang dewasa, obesitas pada anak-anak juga berisiko menyebabkan beberapa penyakit tertentu. Sebut saja hipertensi, jantung, diabetes, asma dan lain gangguan ginjal. Menurut para ahli medis, terdapat beberapa faktor penyebab obesitas pada anak. Faktor-faktor penyebab obesitas pada anak diantaranya adalah:

  • kebiasaan anak-anak yang gemar mengkonsumsi makanan dan minuman manis, minuman bersoda, minuman dingin, es krim, permen, dan cokelat.
  • Pergantian ASI menjadi susu formula yang mana jumlah asupan susu formula yang diberikan jauh melebihi jumlah yang seharusnya
  • Aktivitas fisik pada anak yang dinilai masih sangat kurang. Anak-anak zaman sekarang lebih menyukai duduk sambil bermain game atau menonton film kartun kesayangannya daripada aktif bergerak seperti bermain dengan teman atau ibunya
  • Faktor keturunan. Seorang anak memiliki risiko terkena obesitas lebih besar jika orang tuanya juga memiliki riwayat obesitas.
  • Anak-anak yang diharuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan dalam kurun waktu yang lama

Dari beberapa faktor penyebab obesitas pada anak di atas, sebagian besar berasal dari kebiasaan buruk yang seringnya kurang diperhatikan oleh orang tua. Nah, untuk mencegah obesitas pada anak anda, sebaiknya anda lakukan hal-hal berikut:

  • Mengontrol jumlah dan jenis nutrisi pada anak. Sebaiknya batasi anak untuk mengkonsumsi makanan/ minuman/ jajanan manis. Mulai biaskan anak untuk mengkonsumsi buah dan sayuran. Bila perlu buat olahan makanan/ minuman yang lain daripada yang lain dengan bahan dasar sayuran atau buah-buahan.
  • Sering ajak anak untuk bermain agar anak-anak aktif bergerak. Anda juga boleh mengajak anak anda untuk melakukan gerakan olahraga ringan. Kenalkan anak dengan olahraga-olahraga yang umumnya disukai anak-anak seperti sepak bola, bersepeda, atau berenang.
  • Anda sebagai orang tua juga perlu memberikan contoh pada anak anda tentang pola makan yang benar dan sehat.
  • Temani anak anda ketika anak anda sedang asik bermain game atau menonton acara televisi kesukaannya. Tujuannya agar anda dapat mengontrol dengan lebih mudah ketika anak sudah melewati batas waktu yang telah ditentukan.

Kebiasaan baik yang anda ajarkan pada anak anda sejak dini akan sangat berpengaruh pada kehidupannya kelak saat dewasa. Anak anda akan terus menerapkan apa yang telah anda ajarkan. Orang tua yang memiliki kebiasaan positif akan menular pada anak-anaknya, demikian juga sebaliknya. Oleh karena itu, anda para orang tua sebaiknya mulai contohkan kebiasaan-kebiasaan yang baik dalam kehidupan keluarga anda. semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua.

(Visited 333 times, 1 visits today)

Tags: #obesitas

Must read×

Top
error: Content is protected !!