Fiforlif Herbal

Jenis-Jenis Kista

In KESEHATAN WANITA, Miom dan Kista 1370 views
obat ejakulasi dini

Jenis – jenis kista Kista adalah jaringan yang menyerupai kantung kecil yang tumbuh di bagian dalam ovarium (indung telur). Kista ovarium tergolong dalam tumor jinak dan sifatnya tidak berbahaya. Kista berisi cairan dan dapat hilang dengan sendirinya. Akan tetapi terdapat beberapa kasus kista yang kemudian menyebabkan timbulnya gangguan kesehatan pada penderitanya. Sebut saja siklus menstruasi yang tidak lancar, pendarahan akibat kantung pecah, mandul, batang ovarium menjadi terlilit, dan bahkan menimbulkan kanker endometrium. Kanker endometrium ini adalah wujud pertumbuhan kista yang kemudian menjadi suatu penyakit yang sangat berbahaya. Kista sendiri terbentuk karena kantung pembungkus sel telur (folikel) tidak pecah dan tidak mengeluarkan sel telur yang siap dibuahi. Selain berisi sel telur, folikel juga berisi cairan. Folikel yang tidak berhasil pecah akan terus menahan cairan yang disebut kista. Besarnya kista tak lebih dari 4 cm dan akan menyusut dengan sendirinya.
jenis kista, jenis-jenis kista, kista ovarium, jenis kista yang paling berbahaya

 Adapun jenis kista ovarium, antara lain:

  • Kista Corpus Luteum

Kista ini memiliki diameter antara 2 hingga 6 cm. kista ini terbentuk dari folikel yang berisi darah atau cairan setelah sel telur keluar.

Baca juga : Kanker Payudara, Penyebab, dan Gejalanya

  • Kista Hemorrhagic

Kista ini sering disebut kista fungsional biasa. penderita  kista yang satu ini biasanya merasakan kram perut dan terkadang mengalami pendarahan

  • Kista Dermoid

Kista Dermoid dapat tumbuh hingga berukuran 15 cm. Kista ini sering ditemukan dalam kondisi melilit batang ovarium. Kista ini tak hanya berisi cairan saja, melainkan juga jaringan tulang, lemak, rambut, dan tulang rawan.

  • Kista endometrium

Nah, jenis kista yang satu ini adalah jenis kista yang paling berbahaya. Kista ini tumbuh di bagian lapisan rahim yang letaknya di sekitar ovarium. Kista endometriosis bukan berisi cairan, melainkan darah yang berwarna kecokelatan. Kista ini dapat tumbuh menjadi kista yang besar (2-20 cm). Gejala-gejala umum munculnya kista endometrium antara lain rasa nyeri yang sangat  luar biasa saat sedang menstruasi. Penderita kista ini memiliki risiko lebih besar untuk sulit mendapatkan keturunan.

  • Kista Denoma

Kista ini bisa tumbuh hingga berdiameter 30 cm. para ahli medis mengelompokan kista ini ke dalam kategori tumor karena memiliki jaringan yang berasal dari ovarium.

  • Kista polikistik

Kista polikistik paling mudah diidentifikasi karena jumlahnya yang banyak. Ukuran jenis kista ini tergolong kecil dan cairan yang ada di dalamnya jernih. Kista ini muncul karena adanya gangguan hormone atau gangguan haid.

Adapula jenis kista lainnya, dilihat dari sifatnya, yaitu:

  • kista yang sifatnya jinak (non-neoplastik)

kista bersifat jinak mempunyai ciri-ciri yang sama dengan tumor jinak. Kista jenis ini dapat hilang dengan sendirinya tanpa dilakukan tindakan pembedahan

  • kista yang sifatnya neoplastik

kista yang satu ini tergolong kista yang solid dan kistik. Ciri-cirinya antara lain tumbuh besar dengan cepat dan perlu dilakukan tindakan pembedahan untuk menghilangkannya.

ladyfem, obat terapi kista, agen ladyfem banyuwangi, obat keputihan berwarna, obat herbal, obat keputihan menahun, obat keputihan alami

(Visited 1,856 times, 1 visits today)

Tags: #gejala kista #jenis kista #kista ovarium

Must read×

Top
error: Content is protected !!