Fiforlif Herbal

Diare pada Anak-Anak: Penyebab dan Pengobatannya

In KESEHATAN ANAK 1346 views
obat ejakulasi dini

Solusikesehatan.net – Salah satu jenis penyakit yang kerap terjadi pada anak-anak selain batuk dan pilek adalah diare. gejala dari penyakit yang satu ini adalah BAB yang keluar bersama dengan cairan dan terjadi secara berulang-ulang. Selain itu penderita akan merasa mulas dan kadang-kadang juga disertai demam. Diare pada anak-anak bisa berakibat fatal karena kekurangan cairan bila tak segera mendapat penanganan medis yang tepat. Berikut ini adalah pemicu terjadinya diare termasuk pengobatannya secara herbal.

diare pada anak-anak, penyebab diare pada anak-anak, pengobatan diare pada anak-anak, obat herbal diare pada anak-anak

Ilustrasi anak-anak terkena diare

Penyebabnya Diare pada anak-anak

Ada beragam penyebab diare pada anak-anak seperti misalnya karena infeksi dari mikroorganisme parasit, virus, atau bakteri. Selain itu diare juga bisa dipicu oleh konsumsi antibiotik tertentu yang turut membasmi bakteri baik dalam usus anak. Penyebab paling umum diare pada anak adalah konsumsi makanan dan minuman tertentu misalnya karena kurang higienis atau mengandung terlalu banyak gula dan sorbitol seperti pada minuman jus. Alergi makanan juga dapat memicu diare dalam waktu beberapa jam setelah konsumsi atau bisa juga lebih singkat lagi. Anak-anak atau bayi bisa alergi terhadap protein susu, telur, kedelai, kacang, makanan laut, dan lain sebagainya.

Pengobatan herbal diare pada anak-anak

Bila si kecil menderita diare jangan terburu-buru untuk memberinya obat-obatan diare pabrikan karena bahan-bahan alami di sekitar kita juga bisa menjadi pengobatan diare pada anak-anak yang cukup efektif. Bahan-bahan alami tersebut antara lain:

  • Madu

Madu sangat cocok sebagai obat herbal diare pada anak-anak karena madu asli memiliki khasiat untuk mematikan bakteri, virus, dan berbagai parasit yang merugikan kesehatan. Minumkan satu gelas air hangat yang dicampur dengan satu sendok madu asli pada buah hati Anda. Ramuan ini bisa dikonsumsi hingga 4 liter per hari atau sampai gejala diare berkurang.

  • Jus lemon

Selain madu Anda juga dapat membuat ramuan herbal dari campuran setengah sendok teh perasan buah lemon dan setengah sendok teh jahe bubuk dalam satu gelas air hangat. Aduk ramuan hingga benar-benar terlarut dengan air kemudian minum dua kali sehari hingga diare sembuh. Lemon akan membantu meredakan diare sementara jahe dapat mengatasi iritasi usus.

  • Teh hitam

Sejak dahulu teh telah dipercaya sebagai obat tradisional untuk mengatasi diare. Teh hitam memiliki kandungan tannin yang akan membentuk lapisan perlindungan pada usus yang memberi tameng dari toksin pemicu diare. Sebaiknya teh untuk mengobati diare dikonsumsi tanpa tambahan gula. Selain teh hitam Anda juga dapat menggunakan teh hijau. Untuk mendapatkan khasiat tannin secara optimal sebaiknya seduh teh tidak lebih dari 15 menit.

  • Jus kentang

Jus kentang juga berkhasiat untuk meredakan diare dengan menunjang proses pembuangan racun melalui usus. Kentang yang dimasak juga kaya karbohidrat sehingga dapat menjadi pengganti energi pada saat terserang diare. Kentang tumbuk disarankan untuk dikonsumsi pada saat sakit karena lebih mudah dicerna.

  • Ginseng

Bahan herbal terakhir yang direkomendasikan untuk mengatasi diare pada anak adalah ginseng. Ginseng memiliki berbagai nutrisi yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, ginseng juga memiliki khasiat obat untuk mengatasi masalah pencernakan termasuk meredakan diare.

Saat anak terserang diare, upayakan agar ia tetap mengonsumsi makanan dan minuman agar tubuh tetap bertenaga. Berikan makanan yang mudah dicerna dalam porsi kecil yang dapat dikonsumsi 5 atau 6 kali perhari. Jenis makanan yang dianjurkan adalah pisang, nasi lembut, atau roti tawar. Biskuit kering yang tawar dan yoghurt juga boleh Anda berikan untuk dikonsumsi buah hati. Sementara jenis minuman yang disarankan adalah teh kamomil, teh mint, jahe, atau air hangat. Nah, demikianlah ulasan singkat mengenai diare pada anak-anak. Semoga bermanfaat!

(Visited 398 times, 1 visits today)

Tags: #diare #kesehatan #tips kesehatan

Must read×

Top
error: Content is protected !!