Fiforlif Herbal

Cara Orang Tua Mengenali Gangguan Pertumbuhan Pada Anak

In KESEHATAN ANAK 1366 views
obat ejakulasi dini

Solusikesehatan.net – Pertumbuhan anak adalah salah satu faktor yang paling penting kita perhatikan sebagai orang tua untuk buah hati kita. Sebagai orang tua, tentunya kita yang paling mengerti pertumbuhan anak mulai dari lahir hingga dewasa. Sehingga penting untuk kita kenali dari dini, terdapat gangguan pertumbuhan anak atau tidak. Orang tua adalah media pertama yang dapat memberikan pelajaran kepada anak, sehingga pertumbuhannya juga dipengaruhi kepekaan orang tuanya.

Gangguan Pertumbuhan Anak

Gangguan Pertumbuhan Anak Perlu Diperhatikan

Tentu sebagai orang tua kita sangat menghawatirkan pertumbuhan anak terganggu bukan? Pertumbuhan anak tentu menjadi prioritas dan PR bagi orang tua dalam mengenali dan melakuakan pencegahan. Sering kali kita sebagai orang tua kurang peka terhadap gangguan pertumbuhan anak kita. Dengan mengertinya cara mengenali gangguan pertumbuhan pada anak, maka anak akan tumbuh dengan baik.

Pertumbuhan anak pun membutuhkan waktu yang berbeda-beda, ada yang cepat dan lambat berkembangnya. Sehingga sebagai orang tua tentu kita harus mengetahui dengan pasti gangguan pertmbuhan sejak dini. Dikhawatirkan jika kita kurang peka, maka ganguan tersebut akan memberikan efek samping ringan atau bahkan serius pada anak kita.

Gangguan Pertumbuhan Anak dan Cara Mengenalinya

Terdapat beberapa macam ganguan pertumbuhan anak yang perlu dikenali dan diperhatikan oleh orang tua, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Speech Delay

Speech Delay dapat diartikan sebagai kekurang mampuan anak dalam berbicara atau mengembangkan kata-kata pada usia tertentu. Bisa dikatakan bahwa kemampun berbicarnya tertinggal dari teman seusinya. Biasanya anak yang mengalami gangguan ini kurang bisa mendengar dengan baik, atau karena kurang matangnya organ-organ tubuh dan bisa juga karena kurangnya beadaptasi dengn lingkungan.  

Cara mengenalinya yaitu dengan mendeteksi dini dari cara bicara dan mendengar anak, usahakan untuk selalu mengajak berbicara dan mendengarkan anak yang sedang berbicara, bacakan buku-buku cerita dan lihat reaksinya, selanjutnya coba koreksi jika ada kata-kata anak yang perlu dibenarkan. Namun jangan mecoba untuk memaksa anak untuk berbicara jika tidak ingin berbicara sehingga anak tidak merasa tertekan. Jika dirasa ada yang aneh dengan perkembangan bicara di usianya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

  1. Gangguan Berjalan

Biasanya anak dapat berjalan pada usia sekitar 8 – 18 bulan. Anak dapat dikategorikan mendapat gangguan berjalan jika pada melebihi usia tersebut namun belum bisa berjalan. Keterlambatan berjalan ini juga cukup membahayakan, sehingga perlu deteksi mulai dini terutama pada usia-usia tersebut bagaimana perkembangan anak kita. Keterlambatan berjalan ini bisa disebabkan oleh kondisi badan yang kurang mendukung, faktor keturunan, trauma karena jatuh saat belajar berjalan, orang tua yang krang memberikan dukungan berjalan dan sebagainya.

Cara mengenali kondisi ini yakni diawali dengan pengajaran belajar dari orang tua yang harus dengan semangat dan sabar mencoba mengarahkan anak untuk berjalan, jika anak dirasa ada tanda-tanda yang kurang mampu berjalan dengan baik atau malas latihan berjalan sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

  1. Gangguan Autisme

Autisme merupakan salah satu gangguan tumbh anak yang disebabkan oleh ganguan pada neurologisnya sehingga mempengaruhi kinerja otak. Umumnya anak yang menderita autis akan kesulitan dalam berkomunikasi, berimajinasi ataupun bergaul di lingkungan sosial. Penyebabnya bisa dari saat masih di dalam kandungan yakni masalah kesehatan sewaktu hamil, otak yang abnormal atau pengaruh genetik.

Orang tua dapat mengenali gejala gangguan pertumbuhan anak ini yakni dengan mengamati bagaimana respon ank saat diajak berbicara atau melakuan sesuatu, adakah respon anak terhadap benda atau orang lain. Jika anak Anda tidak menunjukkan respon terhadap hal-hal tersebut, sebaiknya periksanakn kepada dokter yang ahli dibidang perkembangan anak dan konsultasikan cara mengatasinya.

Selain itu juga cobalah untuk sabar dan telaten mendengarkan keinginan anak dalam hal berkomunikasi dan bermain, kemudian melakukan kegiatan yang dapat melatih kerja otot sensori seperti berenang, berjalan dan sebagainnya. Sehingga ganguan pertumbuhan anak dapat diatasi.

(Visited 1,720 times, 1 visits today)

Tags: #kesehatan #kesehatan anak #tips kesehatan

Must read×

Top
error: Content is protected !!