Fiforlif Herbal

Apa Itu Vaginitis: Penyebab dan Pencegahannya

In KESEHATAN WANITA 3213 views
obat ejakulasi dini

Solusikesehatan.net – Keputihan adalah hal yang tak jarang terjadi pada wanita tetapi tak selalu merupakan indikasi terjadinya gangguan kesehatan pada wanita karena ada keputihan yang memang normal terjadi. Tetapi ada pula keputihan tak wajar sehingga wanita merasa tidak nyaman karena keluar cairan yang berlebihan, berbau, atau menimbulkan rasa gatal. Dalam bahasa kedokteran keputihan disebut sebagai vaginitis. Ulasan berikut akan membahas apa itu vaginitis, termasuk pemicu dan pencegahannya.

warna keputihan, jenis keputihan, obat keputihan, bahaya keputihan, keputihan, penyebab keputihan

Apa itu vaginitis dan penyebabnya

Vaginitis atau keputihan sebenarnya terdiri dari 2 jenis, yaitu fisiologis dan patologis. Untuk jenis yang pertama adalah keputihan normal yang terjadi pada masa subur atau beberapa waktu pra dan pasca menstruasi. Lendir berlebih ini memiliki ciri-ciri cairannya encer, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak menimbulkan rasa gatal. Sementara keputihan patologis adalah indikasi terjadinya masalah pada organ reproduksi dan gejala dari keputihan karena penyakit tersebut adalah teksturnya lebih kental, berwarna putih susu, kuning keruh, atau kehijauan, mengakibatkan rasa gatal dan tidak nyaman, berbau tidak sedap atau kadang berbusa, dan bisa disertai rasa panas atau pedih.

Untuk penyebab vaginitis sendiri bisa dipicu oleh berbagai macam hal seperti kurang terjaganya kebersihan di area organ intim yang dapat memicu peningkatan kelembaban. Jika sudah demikian maka bakteri patogen dan parasit lain mudah untuk menginfeksi. Stres juga dapat memicu keputihan karena keseimbangan hormon yang terganggu karena kondisi psikis yang tertekan. Konsumsi antibiotik dan kontrasepsi pil KB juga dapat menjadi penyebab vaginitis. Terakhir, adalah infeksi jamur, parasit, bakteri dan virus seperti misalnya jamur monilia atau candidas.

Pencegahan dan penanganan vaginitis

Tindakan pencegahan vaginitis yang dapat Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari misalnya:

  • Menggunakan pembalut yang tepat

Penggunaan pembalut berbahan kapas lebih dianjurkan bagi Anda karena dapat menyerap darah menstruasi dengan lebih cepat sehingga permukaan kulit akan terhindar dari kelembaban. Yang paling penting adalah mengganti pembalut sekurang-kurangnya 4 hingga maksimal 6 jam sekali agar parasit tak berkembang biak dalam lingkungan yang lembab tersebut.

  • Tidak menggunakan douche

Anda tak disarankan untuk membersihkan organ intim dengan douche atau cairan pembersih vagina berbahan kimia. Hal ini akan menggganggu tingkat keasaman lingkungan pada organ seksual Anda. Gangguan keseimbangan PH ini akan memicu iritasi dan vaginitis.

  • Membersihkan miss V dengan benar

Agar tidak sampai terserang vaginitis bersihkan organ intim Anda dengan cara yang tepat, yaitu dari arah depan ke belakang atau dari vulva ke anus. Hal ini berfungsi untuk menghindari parasit dan bakteri dari anus hinggap ke vagina.

Sebagai tindakan pengobatan bila vaginitis sudah terlanjur menyerang Anda bisa melakukan pertolongan pertama dengan menggunakan cara tradisional. Demikian resepnya:

  1. Siapkan daun sirih sebanyak 10 lembar lalu cuci dan rebus bersama 2 liter air hingga mendidih. Diamkan hingga dingin dan gunakan untuk membasuh area kewanitaan Anda 2 atau 3 kali sehari. Daun sirih memiliki kandungan batlephenol dan kavinol yang berfungsi untuk membasmi kuman, jamur, dan juga merupakan zat antioksidan alami.
  2. Sebagai perawatan dari dalam perbanyaklah konsumsi bawang putih yang merupakan antibiotik alami atau antiseptik wanita dan memiliki khasiat sebagai pembasmi parasit dan organisme merugikan lainnya. Dengan demikian masalah keputihan yang dipicu oleh bakteri atau jamur pun akan lebih cepat teratasi.

Bila cara-cara di atas tak juga berhasil menjadi solusi atas masalah vaginitis Anda maka sudah saatnya untuk melakukan check up pada dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan medis yang lebih cermat. Nah semoga ulasan tentang apa itu vaginitis ini bisa menambah wawasan kesehatan Anda.

antiseptik wanita, tisu majakani, tisu boyke, obat herbal, obat keputihan alami, obat keputihan tradisional, cara mengatasi keputihan, mengatasi keputihan alami

(Visited 2,853 times, 1 visits today)

Tags: #info kesehatan #kesehatan #kesehatan wanita #tips kesehatan #wanita

Must read×

Top
error: Content is protected !!