Fiforlif Herbal

6 Bahan Alami Untuk Mengatasi Keputihan

In Keputihan 442 views
obat ejakulasi dini

Pengobatan keputihan menggunakan bahan alami menjadi pilihan alternatif yang sangat tepat. Karena bahan alami tidak menimbulkan efek samping berbahaya. Selain itu memang telah terbukti efektif dalam mengatasi masalah keputihan. Apa saja bahan alami dan cara pengolahannya untuk mengatasi keputihan?

mengatasi infeksi vagina, bahan alami atasi keputihan, cara mengatasi keputihan

  1. Daun Sirih

Siapkan 10 sampai 15 lembar daun sirih dan tambahkan dengan daun jambu biji sebanyak 30 gram. Cuci kedua bahan tersebut sampai bersih dan merebusnya di dalam air 2 liter sampai tersisa sekitar 1 liter. Kemudian disaring dan selama masih hangat bisa dipakai guna mencuci vagina. Terapkan cara ini secara rutin.

  1. Bawang Putih

Bahan ini terbukti sangat efektif dalam mengatasi infeksi jamur. Karena sifat antijamur dimiliki oleh bawang putih. Untuk konsumsinya bisa dicampurkan ke dalam makanan atau menyantapnya secara langsung. Jika vagina mengalami gatal karena infeksi jamur, bisa menumbuk bawang putih dan mengoleskannya di area vagina yang terasa gatal.

Baca juga : Bentuk, Jenis dan Warna Keputihan

  1. Cuka Sari Apel

Bahan alami ini juga bisa meringankan infeksi jamur. Cara memakainya dengan mengoleskannya pada areal yang terpapar infeksi jamur.  Tujuannya menormalkan tingkat keasaman di dalam vagina.  Perlu diingat karena cuka ini bisa membakar kulit, maka sebelum digunakan sebaiknya dicampur dengan air.

  1. Baking Soda

Bahan ini bisa menstabilkan tingkat keasaman tubuh. Guna mengurangi gatal karena infeksi jamur, bisa menambahkan sekitar separuh cangking baking soda dengan air bersuhu sedang. Campurkan bahan ini ke dalam bak mandi, setelah itu berendam sekitar 20 menit dengan rutin setiap hari hingga rasa gatal menghilang. Setelah berendam pastikan area vagina dibersihkan hingga kering.

  1. Kunyit

Siapkan kunyit yang telah dipotong-potong sebanyak 20 gram ditambah dengan sambiloto kering 10 gram dan kulit delima kering 15 gram. Cuci dengan bersih ketiga bahan tersebut dan merebusnya di dalam air dengan takaran 800 cc. Rebus sampai airnya tersisa 300 cc, lalu menyaringnya dan air rebusan diminum setiap hari setiap pagi dan sore. Agar rasanya lebih nikmat bisa menambahkan madu atau gula aren. Terapkan dengan rutin untuk hasil memuaskan.

Baca juga : Penyebab Keputihan Berlebihan

  1. Yogurt

Bakteri baik terkandung di dalam yogurt, sehingga bisa melawan jamur. Jangan pernah mencampurkan yogurt dengan pemanis, karena mengakibatkan infeksi semakin parah. Yogurt bisa dikonsumsi atau dioleskan pada daerah yang terkena iritasi, termasuk dalam menjaga keseimbangan keasaman tubuh. Untuk mengatasi infeksi vagina bisa merendam kain kasa di dalam yogurt, lalu mengoleskannya di areal vagina.

(Visited 192 times, 7 visits today)
Must read×

Top
error: Content is protected !!