Fiforlif Herbal

5 Latihan Sederhana Yang Wajib Dilakukan Ibu Hamil

In Kehamilan 1110 views
obat ejakulasi dini

Solusikesehatan.net – Dewasa ini ibu hamil dianjurkan untuk banyak bergerak. Alasannya antara lain ibu hamil yang melakukan aktivitas akan lebih mudah melahirkan secara alami karena secara tidak langsung akan melatih otot rahim untuk berkontraksi. Selain itu ibu hamil yang tetap aktif bergerak akan cenderung menurunkan rasa stress dan kejenuhan selama masa mengandung. Bayi yang dikandung juga menjadi sehat karena terkena dampak positifnya.

ibu hamil, senam ibu hamil, daya tahan tubuh, latihan fitnes

Untuk tetap aktif bergerak dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Hal ini juga bisa dipelajari oleh ibu hamil dari semua kalangan. Melalui aktivitas ini, maka dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga bentuk tubuh, mengembalikan ukuran tubuh setelah melahirkan, dan meredakan kram perut. Syaratnya hanya ada dua, tubuh yang hamil sehat dan komitmen untuk melakukannya secara rutin.

Berikut 5 langkah yang bisa Anda pelajari untuk mencapai manfaat secara maksimal :

  1. Gerakan pertama berfungsi untuk menjaga daya tahan paha, pantat, dan mengembalikan keseimbangan. Pertama-tama, siapkan kursi sebagai sarana pembantu. Pertama posisikan Anda dan kursi saling membelakangi. Kemudian raih bagian atas kursi dengan kedua tangan Anda. Usahakan lutut membentuk 45 derajat keluar dari kursi. Tarik otot perut ke dalam maupun keluar. Setelah itu siapkan diri Anda untuk turun sejajar dengan kursi. Ulangi langkah tersebut hingga 15 menit dalam sehari.
  2. Gerakan kedua memiliki manfaat untuk menjaga otot-otot paha tetap kuat. Letakkan tubuh Anda menyamping kanan. Kemudian taruh tangan Anda untuk menyangga kepala. Setelah Anda merasa seimbang, maka angkatlah kaki kiri di atas pinggul. Setelah selesai ulangi langkah tersebut untuk kaki kanan Anda. Lakukankah hal tersebut sekitar 30 menit dalam sehari.
  3. Gerakan ketiga berguna untuk menjaga kekuatan otot lengan dan sekitarnya. Pertama-tama posisikan diri Anda seperti push up Perhatikan untuk tetap meluruskan kaki Anda sembari menguatkan kekuatan tangan Anda untuk menopang tubuh. Tidak dianjurkan untuk membuat perut Anda menyentuh lantai. Setelah itu silahkan untuk melakukannya sembari tahan nafas Anda secara berulang sekitar 5-10 menit perhari.
  4. Aktivitas keempat adalah membantu menjaga kekuatan lengan dan bahu wanita hamil. Lakukanlah di kursi tempat Anda duduk. Kondisi ini mirip dengan latihan fitness di mana ibu hamil memerlukan setidakya dua barbel, satu di tangan kanan, dan lainnya di tangan kiri. Angkat dan turunkan barbel tersebut bergantian. Jika Anda tidak memiliki barbel, bisa mencari tanah liat untuk mengisi tempat yang sesuai menjadi barbel buatan.
  5. Gerakan kelima berfungsi untuk menjaga otot lengan, baik depan maupun lengan bagian belakang. Hal ini dapat dilakukan kembali dengan barbel ataupun barbel buatan yang akan menjadi sahabat ibu hamil. Mulailah dengan menaruh barbel Anda kebawah kaki, setelah itu tarik ke atas secara perlahan dan bergantian. Jangan lupa untuk menahan barbel 10 detik. Lakukanlah hal tersebut secara rutin.

Demikianlah berbagai latihan gerakan yang bisa dilakukan oleh ibu hamil agar kesehatan janin dan ibu hamil bisa terjaga dengan baik. Jika anda ragu untuk melakukan gerakan, gunakanlah instruktur senam profesional. Bisa juga mengikuti kegiatan senam ibu hamil bersama-sama.

(Visited 940 times, 1 visits today)

Tags: #ibu hamil #kehamilan

Must read×

Top
error: Content is protected !!